Dampak Buruk Konsumsi Alkohol dan Miras - MIF

Dampak Buruk Konsumsi Alkohol dan Miras

Dampak buruk alkohol bagi kesehatan, Alkohol dan miras merusak tubuh. Mungkin anda sering mendengar kalimat tersebut, hal tersebut memang benar. Alkohol dan miras memang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

 Alkohol dan miras merupakan minuman yang memabukkan, alkohol sudah lama dikenal oleh manusia khususnya didunia kedokteran, tetapi jika disajikan untuk konsumsi, masyarakat Indonesia lebih dahulu mengenal yang namanya miras, atau biasa disebut tuak, ciu, cukrik, arak, dan lain sebagainya.

Miras maupun alkohol sama saja, sama-sama memabukkan dan berdampak buruk bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bahkan dalam beberapa kasus peminum miras dapat mengalami kejang-kejang hingga meninggal dunia.



Alkohol merupakan cairan yang didapatkan dari hasil fermentasi buah-buahan, biji, dan lain sebagainya. Alkohol merupakan zat yang keras, apalagi jika dikonsumsi maka alkohol akan merusak organ pencernaan manusia, apalagi jika alkohol tersebut diberi campuran zat-zat berbahaya seperti lotion anti nyamuk, cairan pembersih lantai dan obat nyamuk bakar, seperti yang banyak ditemukan di campuran miras oplosan. Hal ini dapat berdampak lebih buruk bagi tubuh. Berikut merupakan dampak-dampak yang dapat ditimbulkan alkohol jika dikonsumsi dalam jumlah yang  berlebih.


Mengganggu Fungsi Hati

  Alkohol dapat merusak fungsi hati karena hati merupakan organ yang dilewati oleh alkohol setelah masuk kedalam tubuh. Sifat keras alkohol lama kelamaan akan membuat fungsi hati terganggu dan menjadikan rusaknya fungsi hati. Rusaknya fungsi hati akan menyebabkan tubuh tidak dapat menetralisir racun yang masuk ke tubuh, mengingat organ hati merupakan penetral racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan rusaknya organ ini maka racun yang masuk tidak dapat di bendung lagi.


Tekanan Darah Tinggi

   Konsumsi alkohol berlebih akan membuat hormon adrenalin meningkat, hormon adrenalin berfungsi meningkatkan kewaspadaan, denyut jantung, dan meningkatkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi alkohol secara berlebih maka akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kerusakan Saraf

  Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama akan menurunkan tingkat kesadaran dan membuat mabuk, selain itu konsumsi alkohol juga dapat mengganggu kerja sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara signifikan namun perlahan. Dan jika konsumsi alkohol telah melampaui batas ketahanan tubuh maka akan menyebabkan over dosis dan kematian.
Kerusakan saraf yang terjadi karena konsumsi alkohol lama kelamaan akan merembet pada fungsi otak. Fungsi otak perlahan juga akan mengalami kerusakan karena zat berbahaya yang terkandung dalam alkohol. Fungsi otak secara perlahan akan menurun dan membuat kecerdasan, konsentrasi, dan daya ingat seseorang menurun.


Mengganggu Sistem Metabolisme tubuh


  Konsumsi alkohol secara berlebih dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, hal ini bukan guyonan semata namun sudah terbukti. Orang yang sering mengkonsumsi alkohol dan miras dirinya akan terlihat lesu, tidak bersemangat, dan tidak berenergi. Hal tersebut terjadi karena metabolisme tubuhnya telah terganggu. Metabolisme merupakan penghasil tenaga yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas setiap hari selain itu sistem metabolisme tubuh juga berguna untuk menangkal radikal bebas dari luar tubuh.


Mengganggu Sistem Reproduksi

 Kesehatan reproduksi juga ikut merasakan gangguan yang timbul akibat konsumsi alkohol. Gangguan reproduksi yang biasa terjadi pada orang yang mengkonsumsi alkohol yaitu menurunkan gairah seksual, menyebabkan infertilitas, disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.


Meski dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit namun asupan alkohol mampu menyebabkan dehidrasi interanl. Akibatnya cairan internal perut yang diproduksi akan berkurang drastis dan mengarah kepada pengerasan tinja dan menyebabkan sembelit.

Selain yang sudah disebutkan tadi, masih banyak dampak buruk konsumsi alkohol bagi kesehatan maupun organ tubuh. Jadi jauhilah konsumsi alkohol untuk menghindarkan dampak buruk tersebut terjadi kepada anda.

0 Response to "Dampak Buruk Konsumsi Alkohol dan Miras"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel