Waspada ! Penyakit Mematikan yang Dapat di Tularkan Hewan ke Manusia - MIF

Waspada ! Penyakit Mematikan yang Dapat di Tularkan Hewan ke Manusia

Penyakit yang dapat ditularkan hewan ke manusia atau Penyakit mematikan hewan yang dapat menular ke manusia. Anda mungkin pernah mendengar kalimat tersebut, Manusia dan hewan memiliki hubungan saling terkait sebagai sesama makhluk hidup.



Hewan dapat sangat berguna bagi manusia baik sebagai sumber makanan atau untuk memudahkan pekerjaan manusia. Meskipun begitu, hewan juga memiliki sesuatu yang merugikan yaitu bakteri, virus, dan kuman. Semua itu dapat mengancam kesehatan tubuh manusia, bahkan penyebarannya dapat menimbulkan penyakit yang mematikan.

Penyakit yang Dapat Ditularkan Hewan ke Manusia

Hal ini bukan hanya merupakan sebuah guyonan atau sebatas kekhawatiran tetapi hal ini merupakan sebuah masalah yang tengah dihadapi manusia. Beberapa penyakit mematikan yang dapat menular dari hewan ke manusia yaitu sebagai berikut

Ebola

  Ebola telah menjadi virus yang paling menakutkan sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1976.  Virus yang berasal dari Afrika ini telah menginfeksi lebih dari 30.000 orang dan menewaskan lebih dari 11.000 orang sejak tahun 2013. bahkan pada tahun 2015 virus ini berubah menjadi lebih ganas karena virus ini dapat bermutasi sendiri dan menyebar lebih cepat daripada sebelumnya.
Hingga saat ini hewan yang bertanggung jawab atas mewabahnya virus ebola yaitu kelelawar. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh terinfeksi, resiko kematian dari virus ebola sangat tinggi yaitu mencapai angka 90%. Hingga saat ini para peneliti masih mencoba mencari metode pengobatan yang efektif dalam menumpas virus ini.

Rabies

  Rabies dikenal sebagai penyakit yang menular melalui gigitan hewan yang terinfeksi rabies, biasanya hewan yang sering menularkan penyakit ini adalah anjing dan kelelawar. Penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit kuno, tapi nyatanya di jaman modern, rabies telah membunuh sekitar 56.000 orang per tahunnya. Gejala awal rabies yaitu munculnya halusinasi, air liur berlebih, kemudian penyakit ini akan menghancurkan sistem saraf dan merusak organ vital manusia

Malaria  

  Malaria menular melalui gigitan nyamuk. Selain malaria, penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk yaitu zika dan demam berdarah. Malaria juga menyebabkan lebih dari 214 juta kasus kematian hingga tahun 2015. ada 4 spesies utama plasmodium nyamuk yang menyebabkan malaria namun plasmodium falciparum merupakan yang paling mematikan.


Sapi Gila

  Penyakit sapi gila atau yang bernama latin bovine spongiform encephalopathy, merupakan penyakit prion yang mematikan, Prion merupakan bentuk dari protein cacat yang ketika menumpuk ditubuh bisa mengubah struktur otak.

Influenza

  Ada 2 jenis virus influenza yaitu A dan B. Jenis influenza B adalah flu yang menular dari manusia ke manusia. Sedangkan influenza A ditularkan melalui hewan. Dalam keadaan tertentu virus influenza B akan berbaur dengan virus lain dan menciptakan jenis flu yang mematikan seperti flu burung dan flu babi. 

Keberadaan Hewan memang sangat menguntungkan bagi manusia tapi perhatikan juga kebersihan dan keamanan sehingga anda terbebas dari resiko negatif saat berbaur dengan hewan disekitar anda.

0 Response to "Waspada ! Penyakit Mematikan yang Dapat di Tularkan Hewan ke Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel