Waspadai jenis kanker yang menyerang kaum pria berikut ini - MIF

Waspadai jenis kanker yang menyerang kaum pria berikut ini

Pengertian kanker, kanker merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan terjadinnya kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan tumbuh sel tidak terkendali, menyerang daerah biologi disekitarnya, dan bermigrasi ke jaringan tubuh lain melalui perantara sirkulasi darah atau sistem limfatik. Kanker dapat menyerang siapa saja baik wanita maupun laki-laki, tua maupun muda. Tentunya kanker merupakan suatu penyakit yang menakutkan, apalagi untuk mengobati orang yang mengalami kanker membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang banyak, tentu kita tidak ingin mengalaminya kan.

kanker merupakan pembunuh utama setelah penyakit jantung. kanker bisa tumbuh hampir di semua bagian tubuh manusia karena sel-sel kanker tersebar dimana saja. Kanker bahkan dapat tumbuh di organ vital yang tersembunyi letaknya.



Jika pada wanita kanker biasa tumbuh di payudara, rahim, saluran rahim, bahkan indung telur. Sedangkan dalam tubuh pria kanker dapat menyerang organ yang sangat di butuhkan seorang pria yaitu penis, testikel, dan prostat.

Kanker Penis


Penis merupakan organ seksual pria yang terdiri dari kulit, otot, dan pembuluh darah. Didalamnya juga terdapat saluran kemih, yang berbentuk seperti tabung yang mengalir dari kandung kemih menuju ke ujung penis. Selain berfungsi sebagai tempat mengalirnya air seni, saluran kemih juga berfungsi sebagai saluran keluar air mani, yang menjadikan penis sebagai sistem reproduksi dan sistem kemih. Penis memiliki beragam jaringan didalamnya. Dengan banyaknya jaringan tersebut maka tidak dipungkiri lagi bahwa penis juga dapat terserang kanker. Mayoritas kanker penis ditemukan di kulup atau bagian kulit yang belum disunat dan di kepala penis, hal ini menunjukkan manfaat dari khitan yaitu mengurangi resiko kanker penis. Selain itu ada pula jenis kanker lain yang tumbuh yaitu kanker melanoma, bentuk kanker kulit yang berbahaya dan tumbuh dalam sel yang menghasilkan pigmen kulit.

Penyebab Kanker Penis

1. HPV  - Infeksi HPV bisa disebabkan oleh hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi HPV.  Sebagian besar jenis HPV tidak menyebabkan kanker dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa penanganan medis. Namun sebagian lainnya dapat menimbulkan kanker seperti HPV 16 dan HPV 18.

2. Merokok - Merokok memang menjadi mayoritas penyebab utama kanker yang tumbuh pada tubuh pria. Kebanyakan pria yang merokok dapat mengalami berbagai kanker, salah satunya yaitu kanker penis. Merokok meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker penis karena zat kimia yang terkandung dalam rokok, salah satunya yaitu benzyrene.

Gejala Kanker Penis

Gejala utama yang dapat di lihat sebagai tanda mengidap kanker penis yaitu, bintil merah pada penis, menutupnya kulup penis, munculnya bau tidak sedap dari penis, darah muncul dari ujung penis, perubahan warna penis, sakit pada bagian perut, kelelahan, penurunan berat badan, pembengkakan kelenjar getah bening pada perut.

Kanker Prostat

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria, tepatnya berada dibawah kandung kemih didepan rektum dan merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berfungsi menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra, cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma.

Gejala Kanker Prostat

Gejala kanker prostat dapat dirasakan setelah prostat membengkak. Kanker prostat tidak akan terdeteksi jika masih tahap awal. Jika prostat sudah membengkak dan mulai mempengaruhi uretra maka anda akan merasakan gejala-gejala seperti berikut.
  • lebih sering buang air kecil
  • merasa nyeri saat buang air kecil
  • urin berwarna merah
  • mani bercampur darah

Kanker Testis

kanker testis ada 3 jenis yaitu, kanker testis sel nutfah, limfoma, tumor sel leydig, dan tumor sel setoli. Dari ketiga jenis kanker testis tersebut, kanker testis sel nutfah merupakan jenis kanker testis yang banyak di idap oleh pria.  Testis bertugas untuk memproduksi hormon pria lainnya. 

Gejala Kanker testis

berikut merupakan gejala-gejala kanker testis.
  • Benjolan atau terjadinya pembengkakan disalah satu testis
  • Rasa sakit yang sangat atau rasa pegal pada bagian testis dan skrotum
  • Skrotum akan terasa berat
  • Rasa lelah dan badan terasa tidak sehat
  • Penumpukan cairan di dalam skrotum

Tags rujukan untuk postingan ini :
- jenis-jenis kanker
- stadium kanker
- ciri-ciri terkena kanker
- gejala penyakit kanker

0 Response to "Waspadai jenis kanker yang menyerang kaum pria berikut ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel