Penyebab Pusing Saat Bangun Dari Duduk Dan Jongkok - MIF

Penyebab Pusing Saat Bangun Dari Duduk Dan Jongkok

My InforShare- Bagi anda pekerja kantoran yang bertugas duduk di depan meja kerja untuk waktu yang lama, atau anda yang hanya iseng untuk duduk sesaat merehatkan tubuh. Kadangkala anda akan merasa pusing saat hendak berdiri dari duduk, atau anda sedang jongkok lalu berdiri, anda akan merasakan pengelihatan sedikit kabur dan kepala merasa pusing. Lalu disebabkan oleh apa hal tersebut ?.
Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Pusing yang terjadi saat berdiri setelah duduk atau jongkok

    Saat seseorang berdiri setelah duduk atau berbaring, akan terjadi kondisi dimana tekanan darah menjadi turun atau biasa disebut dengan hipotensi ortostatik. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa pusing pada kepala dalam skala ringan hingga berat, dan kondisi yang terparah dapat menyebabkan pingsan atau hilang kesadaran.

     Situasi tersebut dapat berbahaya terutama bagi orang lanjut usia, karena dapat menyebabkan patah tulang atau cedera otak saat jatuh pingsan.

    Hipotensi ortostatik lebih diklasifikasikan sebagai kasus ringan yang biasa berlangsung dalam beberapa detik setelah seseorang berdiri. Namun beda ceritanya bila pusing yang terjadi sesaat setelah berdiri berlangsung lama dan hingga menyebabkan hilang kesadaran, hal ini merupakan tanda-tanda masalah yang lebih serius.

    Ketika seseorang berdiri, gaya gravitasi akan menyebabkan dara berkumpul dikaki. Hal ini akan menurunkan tekanan darah, karena hanya sedikit sirkulasi darah yang kembali ke jantung untuk dipompa.
Biasanya sel-sel khusus yang disebut baroreceptors yang terdapat di samping jantung dan arteri leher akan menurunkan tekanan darah dan menetralkan jantung dengan cara meningkatkan kerja jantung dengan berdetak atau memompa lebih cepat. Hal ini dapat menstabilkan tekanan darah.

    Sebenarnya terdapat banyak penyebab lainya selain hal tersebut, diantaranya yaitu saat sedang mengalami dehidrasi, masalah pada organ jantung, diabetes, dan gangguan pada sistem saraf. Ada baiknya bila anda segera memeriksakan masalah ini agar anda lebih tahu penyebab pastinya. Anda juga perlu mengetahui makanan-makanan yang dapat memicu sakit kepala

0 Response to "Penyebab Pusing Saat Bangun Dari Duduk Dan Jongkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel