Pengertian buah sitrus dan manfaatnya bagi kesehatan - MIF

Pengertian buah sitrus dan manfaatnya bagi kesehatan


Indonesia yang merupakan negara agraris tentu memiliki beragam hasil bumi yang melimpah dan tidak jarang mengundang beribu manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu dari beragam hasil bumi tanah Indonesia adalah buah-buahan. Tapi kenali lebih dekat jenis buah satu ini, yaitu buah sitrus.  Buah Sitrus banyak terdapat di Indonesia, dan sudah banyak yang mulai menanamnya. Buah-buahan sitrus sebenarnya terdiri dari buah jeruk, anggur, kiwi dan sebagainya.




Untuk membedakan mana buah biasa dan mana yang termasuk buah sitrus, cara yang termudah yaitu dengan mengenali rasanya. Biasanya buah sitrus mengandung rasa yang asam. Seperti yang tertulis di judul, saya akan menjelaskan mengenai manfaat buah sitrus bagi kesehatan. Buah buahan pasti memiliki manfaat bagi kesehatan, meskipun dalam intensitas yang sedikit tetapi meskipun sedikit hal tersebut sangat berpengaruh bagi tubuhmu. Sama halnya dengan buah-buahan sitrus, buah jenis tersebut juga mengandung berjuta manfaat.berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi buah-buahan sitrus.


Manfaat Mengkonsumsi Buah Sitrus


1. Meningkatkan Sistem Imun tubuh

  Tubuh memiliki sekuriti sendiri yang bertugas mengamankan tubuh dari serangan parasit virus dan penyakit, kita biasa menyebutnya dengan sistem imun tubuh. Sistem Imun atau sistem kekebalan tubuh sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menangkal penyakit dan virus yang menyerang. Kamu dapat meningkatkan sistem imun tubuhmu hanya dengan mengkonsumsi jenis buah-buahan sitrus. Dengan mengkonsumsi  buah-buahan sitrus tingkat sistem  kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, hal tersebut karena buah-buahan sitrus mengandung banyak Vitamin C yang baik bagi tubuh. Selain itu vitamin c juga bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan seperti

  • memperbaiki jaringan sel kulit
  • meningkatkan mood (mood booster)
  • mencegah naiknya tekanan darah
  • mencegah naiknya tekanan darah
  • mencegah stroke

2. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

ilustrasi heart attack by google
  Serangan jantung merupakan kejadian yang sangat tidak diinginkan oleh semua orang, bagaimana tidak, serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan dimana saja dan hal tersebut sangat membahayakan karena dapat mengantarkan kepada kematian. Menurut penelitian buah-buahan sitrus efektif menurunkan resiko tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung dan penyakit kronis lainya. Buah-buahan Sitrus dapat menurunkan resiko serangan jantung dikarenakan terdapat potasium dalam buah sitrus. Potasium berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. sehingga organ-organ penting seperti jantung, ginjal, saraf, dan sebagainya dapat berfungsi dengan baik.

3. Mengontrol Berat Badan

ilustrasi : Mengontrol berat badan by google

Kamu ingin kurus ? dan  kamu ingin menjalani program diet ?, mulailah dari pengaturan pola makan dan gaya hidup. Buah-buahan sitrus cocok di konsumsi saat diet. Karena buah-buahan sitrus dipercaya dapat menurunkan berat badan. Selain itu buah-buahan sitrus juga rendah kalori dan kaya serat, hal ini sangat cocok sebagai makanan diet.

baca juga : Cara mengendalikan nafsu makan

4. Menyehatkan Sel-sel Pada Tubuh

    Semakin tua banyak sel pada tubuh yang menujukan penurunan fungsinya.
hal ini dikarenakan kemampuan regenerasi sel yang menurun seiring bertambahnya usia. padahal regenerasi sel sangat dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap kuat dan bugar. Solusinya dapat kamu temukan dengan konsumsi buah sitrus. buah-buahan sitrus mengandung asam folat yang berfungsi meregenerasi sel-sel yang sudah mati. hal ini dapat membantu anda tetap aktif beraktifitas
meskipun sudah berumur diatas 50 tahunan

4 Responses to "Pengertian buah sitrus dan manfaatnya bagi kesehatan"

  1. alhamdulillah gan ane jadi tambah sua makan buahnya

    ReplyDelete
  2. baru tau ternyata dapat Menurunkan Resiko Serangan Jantung, thanks gan infonya

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat gan maksih informasinya !!

    ReplyDelete
  4. makasih sob artikelnya sangat bermanfaat bagi orang banyak :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel