Tetap Lapar Setelah Makan? - MIF

Tetap Lapar Setelah Makan?

Barusan makan tapi masih lapar, atau rasa lapar yang muncul padahal sudah makan. Rasa lapar sebenarnya adalah naluri yang wajar dimiliki oleh setiap makhluk hidup, jika ada makhluk hidup yang tidak merasakan lapar berarti makhluk hidup tersebut sedang dalam keadaan tidak sehat atau sakit.



Penyebab Lapar Yang Datang Setelah Makan

  Tetapi bukan berarti anda sedang sakit saat rasa lapar melanda padahal anda baru saja makan.
Bisa jadi itu adalah masalah kesehatan tertentu. Kali ini saya akan membahas mengenai hal ini.
Berikut hal-hal yang dapat menimbulkan rasa lapar yang tidak wajar

Stres

  Salah satu alasan orang sering merasa lapar biasanya dipicu oleh stres. Hal ini dikarenakan ketika stres melanda maka hormon kortisol yang dilepaskan dalam tubuh akan meningkat jumlahnya.  Itulah sebab mengapa kebanyakan orang stres akan memiliki nafsu makan yang tinggi

Hyperthyroidism

  Hyperthyroidism yaitu suatu kondisi dimana tubuh memiliki hormon tiroid yang berlebih, sehingga membuat penderitanya mudah lapar dan ingin makan.


Obesitas

  Mungkin semua orang sudah tahu bahwa obesitas merupakan salah satu alasan mengapa penderitanya sering merasa lapar meski sudah makan. Lemak berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin sehingga dapat membuat seseorang mengalami kelaparan, bahkan dalam kasus tertentu penderitanya dapat mengalami kelaparan ekstrem.

Hypoglycaemia

  Penyebab rasa lapar yang tidak wajar yaitu Hypoglycaemia. adalah suatu kondisi dimana gula darah berada di tingkat rendah, sehingga membuat tubuh anda mulai menginginkan lebih banyak makanan untuk di ubah menjadi energi.


Menstruasi

   Saat wanita mengalami menstruasi, banyak fluktuasi hormonial yang terjadi dalam tubuh wanita tersebut. Tentu saja hal ini menyebabkan berbagai gejala termasuk kelaparan ekstrem. Kelaparan seperti ini juga akan terjadi pada masa pra-menstrual syndrom atau biasa dikenal dengan sebutan PMS.

Efek Samping Obat

  Ada pula penyebab lain dari seringnya merasa lapar, yaitu pengaruh efek samping dari obat tertentu. Obat-obatan yang dapat menimbulkan efek lapar biasanya sejenis obat antidepresan, antibiotik, dan lain sebagainya.

0 Response to "Tetap Lapar Setelah Makan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel