Cara Mengobati Sengatan Lebah dan Tawon - MIF

Cara Mengobati Sengatan Lebah dan Tawon

My InforShare- Pada masa kini, habitat alami mulai tersingkirkan dengan pesatnya pembangunan, sehingga sebagian pembangunan banyak yang memakan habitat alami hewan-hewan dan tumbuhan, salah satunya yang banyak ditemui di kehidupan sehari-hari yaitu lebah dan tawon. Dua hewan ini sekarang banyak membuat sarang di rumah-rumah warga atau digedung, hal ini dapat membahayakan karena dua hewan ini memiliki sengat yang dapat menyebabkan alergi dan bengkak. Jika anda tersengat oleh lebah atau tawon gunakan benda-benda berikut untuk mengobatinya.

Sengatan lebah 


Air es

    Saat anda tersengat oleh lebah atau tawon mungkin bagian yang disengat akan terjadi pembengkakan, jika seperti itu, kompres bagian yang bengkak dengan es batu atau air es. Diamkan selama 20 detik. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah pembengkakan terus berlanjut dan mengurangi rasa sakit.

Pasta Gigi

      Biasanya efek dari sengatan lebah atau tawon yaitu kesemutan pada bagian yang disengat, jika hal tersebut terjadi anda dapat menggunakan pasta gigi untuk mengatasinya. Pasta gigi merupakan obat alami yang cocok untuk mengurangi rasa sakit seperti terbakar dan pembengkakan di kulit. Sengat lebah yang menancap pada kulit akan menimbulkan alergi, seperti rasa terbakar pembengkakan, gatal-gatal dan lain sebagainya. untuk itu anda juga dapat menggunakan pasta gigi sebagai obat untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan pasta gigi juga mampu menetralisir racun dari sengat lebah dan tawon.


Baking Soda dan Cuka

       Saat anda tersengat lebah atau tawon biasanya sengat tawon atau lebah akan tertinggal pada kulit. Sengat ini selain mengandung racun juga bersifat asam dan dapat menyebabkan alergi pada kulit. Untuk menghilangkan pengaruh sifat asam sengat lebah dan tawon anda dapat mencampurkan baking soda dan cuka dengan air secukupnya, kemudian oleskan campuran tersebut di permukaan kulit yang disengat lebah atau tawon, tunggu hingga 30 menit, kemudian basuh menggunakan air mengalir.

Minyak Essensial

         Kandungan alami pada minyak essensial bermanfaat untuk menghentikan pendarahan akibat sengatan lebah atau tawon. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskannya di permukaan kulit yang tersengat lebah atau tawon.

Lumpur

        Mungkin terdengar agak aneh jika lumpur digunakan sebagai obat. Tetapi lumpur mampu mengobati sengatan lebah dan tawon, caranya dengan mencampur lumpur dengan air, aduk hingga bertekstur seperti pasta, kemudian oleskan pada permukaan kulit yang disengat. Tunggu hingga kering.

Madu

     Anda juga dapat menggunakan madu sebagai obat dari sengatan lebah atau tawon. Madu memang terkenal sebagai obat alami yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Caranya dengan mencelupkan kapas kedalam madu kemudian mengompres bagian yang tersengat dengan kapas tersebut. 

 Benda-benda diatas merupakan beberapa benda yang dapat digunakan sebagai obat dari sengatan lebah atau tawon. Lebah hanya memiliki satu sengat, dan biasanya setelah menyengat lebah akan mati, jadi anda tidak perlu takut tersengat kedua kalinya oleh lebah yang sama


1 Response to "Cara Mengobati Sengatan Lebah dan Tawon"

  1. wah lumayan ini kalo kesengat lebah jadi tau yang harus di lakuin..
    thanks yaa gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel