Waktu Yang Tepat Mengenalkan Anak Pada Uang - MIF

Waktu Yang Tepat Mengenalkan Anak Pada Uang

My InforShare-  Anak merupakan peniru terbaik didunia, anak mampu menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang sekitar, mulai dari perilaku, kebiasaan, gaya hidup, dan ucapan. Oleh karena itu anda harus memilih lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Anak sudah mulai dapat mengenali beragam benda sejak usia dini, salah satunya yaitu Uang. Kadang kala anak sudah dapat mengenali uang sejak usia dini, tetapi mereka belum tahu fungsi uang di kehidupan sehari-hari. Biasanya anak-anak akan mengamati uang disaat berbelanja ataupun saat mengambil uang di ATM.

Pengenalan Uang Kepada Anak Sejak Dini


    Jika anak sudah mulai mengenali uang maka anda harus mengajarkan semua hal yang harus diketahui soal uang. Jangan sampai anak anda salah mempresepsikan uang. Tetapi anda jangan terlalu terburu-buru carilah waktu yang tepat untuk mengenalkan lebih dalam uang pada si kecil, agar anak memahami apa yang anda ajarkan.

    Berikut merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan uang pada anak

 

Saat Mengambil Uang di ATM

       Semua orang pasti pernah melakukan penarikan tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dan kadangkala saat mengambil uang di ATM biasanya orang tua akan mengajak anaknya. Di saat itulah waktu yang tepat untuk mengenalkan uang pada si anak. Lalu apakah yang harus diajarkan pada anak ?. Jika anda bingung apa yang harus diajarkan, cobalah menjelaskan soal ATM, prinsip kerja ATM, Darimana Uang Tersebut (yang anda tarik tunai). Jelaskan juga bila ingin mengambil di ATM harus memiliki kartu dan berumur cukup. Dengan hal-hal itu anak sudah mulai cukup mengerti tentang Uang dan Menabung di Bank.


Saat Berbelanja

      Berbelanja merupakan hobi bagi sebagian orang. Saat berbelanja mungkin juga saat yang ditunggu oleh buah hati, karena anak akan melihat hal-hal baru yang tidak ada di kesehariannya. Saat berbelanja anda pasti akan mengeluarkan uang. Saat itulah merupakan waktu yang tepat bagi anak untuk mengenal uang. Ajarkan anak tentang bagaimana cara bertransaksi, cara memilih harga dan kualitas produk yang akan dibeli, dan cara berhemat agar tidak melakukan pemborosan.

Saat Makan Diluar

       Kadang kala di saat orang tua sibuk mungkin orang tua tidak sempat memasak makanan dirumah dan harus membeli makanan diluar, atau saat anda sedang jalan-jalan dan mampir ke warung atau restoran untuk makan. Jika anda mengajak anak pada kegiatan tersebut, anda juga dapat mengenalkan anak pada uang dengan cara memperlihatkan tagihan restoran atau Bill. Coba jelaskan dengan pelan-pelan berapa tagihan yang di berikan, berapa pajak yang diberikan. dengan itu anak akan mengerti uang secara perlahan dan tidak salah mepresepsikan uang.

Selain di atas, ada beberapa waktu yang bagus untuk mengenalkan uang pada anak. Mungkin saat anda pergi ke bank, coba kenalkan anak tentang bank, dan sistem tabungan. Tapi cobalah menjelaskan secara perlahan agar anak paham dan tidak pusing karena terlalu banyak yang diajarkan. Sebenarnya masa anak-anak tidak perlu diajarkan tentang uang secara spesifik, anda cuma harus menjelaskan bagaimana cara bertransaksi dan jumlah nominal disetiap lembaran uang atau recehan, hal ini bertujuan agar anak tidak mudah tertipu saat melakukan transaksi sendirian, misalnya saat membeli jajan atau makanan di area sekolah. kadang kala ada pedagang yang nakal dengan menipu anak-anak kecil yang belum terlalu mengenal uang. oleh karena itu pengenalan uang pada anak sejak dini sangat dibutuhkan, tetapi dengan catatan saat anda mengajarkan tentang uang, ajarkan yang perlu-perlu saja jangan terlalu memaksa anak untuk mengenal uang.

2 Responses to "Waktu Yang Tepat Mengenalkan Anak Pada Uang"

  1. saat berbelanja itu paling cocok!! ajarkan menabung.. ntar agar bisa belanja mainan

    ReplyDelete
  2. Melihat uang juga termasuk pembelajaran berhitung, pembelajaran berhemat.. Supaya dari kecil tahu bahwa cari uang susah.. Mantap infony

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel