Awas !! Cat Rambut Tingkatkan Resiko Kanker - MIF

Awas !! Cat Rambut Tingkatkan Resiko Kanker


Cat rambut merupakan trend terkini anak muda masa kini. Remaja pada masa ini lebih suka mewarnai rambutnya dengan warna yang disukai daripada tetap mempertahankan warna asli rambutnya. Bahkan bukan hanya remaja, banyak juga orang tua yang suka mewarnai rambutnya. Jika ditarik kebelakang, trend mewarnai rambut memang sudah sejak dari dulu. Jaman dahulu para orang tua suka mewarnai rambutnya menggunakan merang atau batang padi yang di bakar kemudian di pakai keramas. Cara tersebut malah lebih menyehatkan dibanding cat rambut kemasan.


Lalu apakah cat rambut berbahaya bagi kesehatan tubuhmu?. Jawabannya adalah iya. Banyak cat rambut yang beredar dipasaran mengandung zat kimia berbahaya bagi tubuh. Untuk penggunaan pada orang tua kebanyakan menggunakan cat rambut karena kebutuhan dan bukan untuk style. Orang tua menggunakan cat rambut untuk mentupi ubannya dan belum banyak orang tua yang mengetahui resiko penggunaan cat rambut.
Cat rambut masih bisa digunakan dengan aman tetapi dengan batas wajar, itupun kamu masih bisa merasakan efek jangka panjangnya. Batas wajar penggunaan cat rambut adalah dua hingga lima kali dalam satu tahun, lima kali merupakan batas maksimal dan jika kamu mewarnai rambut melebihi batas wajar tersebut maka siap-siaplah merasakan efek jangka pendek maupun jangka panjangnya.


Sebuah penelitian memaparkan fakta baru, bahwa cat rambut yang dijual bebas di pasaran memiliki efek mengerikan bagi penggunanya yakni dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Bahkan dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa resiko kanker payudara yang akan terjadi meningkat hingga 14 persen. Angka tersebut sudah sangat fantastis mengingat kanker merupakan penyakit pembunuh kedua setelah penyakit jantung



Efek yang sangat mengerikan hanya dengan mengecat rambut. Pakar kesehatan sepakat 
menyarankan agar para wanita menggunakan cat rambut dengan bijaksana. Para wanita disarankan untuk menggunakan cat rambut dengan intensitas rendah dan diusahakan beralih ke perawatan rambut yang alami.


Tapi malah banyak produsen cat rambut yang menyarankan konsumennya untuk mewarnai rambutnya setiap empat hingga enam minggu sekali, hal tersebut merupakan sesuatu yang keliru dan menyesatkan efeknya bukan hanya rambut rusak karena terpapar zat pewara tapi juga resiko kanker payudara yang selalu membayangi. Tadi sudah dijelaskan bahwa batas wajar mewarnai rambut adalah lima kali dalam setahun itu artinya setara dengan sepuluh minggu sekali. Pakar kesehatan menyarankan para konsumen cat rambut untuk mengganti produk pewarna rambut mereka dengan menggunakan beetrot, henna, dan rosehip.

Kanker yang timbul karena penggunaan cat rambut disebabkan oleh paparan dari pewarna rambut yang masuk melalui pori-pori kulit, pewarna rambut tersebut mengandung zat yang bersifat karsinogen yang dapat memicu timbulnya kanker. Jadi bijaklah menggunakan cat rambut dari sekarang.



0 Response to "Awas !! Cat Rambut Tingkatkan Resiko Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel