PENTING !! Asuransi Mobil - Garansi Mobil Hangus Akibat Konsumsi BBM Tidak Sesuai Anjuran - MIF

PENTING !! Asuransi Mobil - Garansi Mobil Hangus Akibat Konsumsi BBM Tidak Sesuai Anjuran

Sebagai pemilik mobil kamu mungkin mempercayakan Asuransi mobil sebagai solusi untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Namun selain asuransi, dealer juga memberikan garansi kendaraan. Jadi jika terjadi suatu kerusakan kamu dapat mengklaim garansi tersebut ke dealer.

ilustrasi. Kebakaran Mobil


Namun apakah jika terjadi kerusakan akibat penggunaan BBM atau bahan bakar minyak yang tidak sesuai anjuran dapat diklaim garansinya ?.

Dilansir dari laman gaikindo.id (28/11). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengingatkan para pemilik kendaraan bermotor supaya dapat mematuhi anjuran penggunaan bahan bakar minya atau BBM bagi kendaraannya. Sebab jika terjadi kerusakan yang diakibatkan konsumsi BBM yang tidak sesuai anjuran maka garansi tidak berlaku lagi.

Hal tersebut di sampaikan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo. Beliau juga menyampaikan mengenai BBM yang dianjurkan, mobil keluaran terbaru memang wajib menggunakan BBM berkualiitas, minimal RON 92. Pihak pabrikan menghimbau mobil untuk menggunakan BBM berkualitas dan itu juga tertera pada buku manual saat membeli mobil.

ilustrasi. Penggunaan BBM sesuai standar


Jadi mobil harus menggunakan BBM yang berkualitas minimal RON 92, jika di Indonesia RON 92 itu setara dengan Pertamax. Untuk premium sendiri memiliki RON 88 dan pertalite RON 90. Jadi BBM yang layak untuk di konsumsi oleh mobil pabrikan terbaru yaitu minimal Pertamax.

Hal tersebut karena mesin kendaraan-kendaraan yang diproduksi memang didesain untuk menggunakan BBM berstandart internasional, sehingga penggunaan BBM yang sudah ditentukan memang wajib untuk kendaraan-kendaraan tersebut.

Selain itu penggunaan BBM berkualitas juga tidak lepas dari regulasi baru mengenai standar emisi. Saat ini sudah diterapkan regulasi bahwa setiap kendaraan berbahan bakar bensin harus sesuai dengan standar emisi Euro - 4. Regulasi tersebut berlaku sejak oktober 2018, yang artinya semua mobil yang diproduksi oleh Gaikindo sudah disesuaikan dengan regulasi tersebut.

Sehingga jika kendaraan diisi dengan BBM yang sesuai standar Euro-4 maka emisi atau gas buangnya pun akan sesuai dengan standar Euro-4. Selain itu dengan konsumsi BBM berkualitas sesuai standar pabrikan juga akan berdampak pada kinerja kendaraan itu sendiri. Seperti performa, kekuatan, akselerasi, serta keawetan dari mesin kendaraan sangat bergantung pada jenis BBM yang dikonsumsi. Sehingga penggunaan BBM berkualitas akan memberikan dampak positif pada mobil.

0 Response to "PENTING !! Asuransi Mobil - Garansi Mobil Hangus Akibat Konsumsi BBM Tidak Sesuai Anjuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel