Cara Mengobati Mata Bintitan atau Timbilan - MIF

Cara Mengobati Mata Bintitan atau Timbilan

My InforShare- Mata merupakan indera tubuh yang digunakan untuk memvisualisasikan keadaan sekitar. Mata dilindungi oleh kelopak mata dan bulu mata. Sama dengan oragan lainnya mata juga rentan terkena penyakit dan infeksi virus. Oleh karena itu anda harus menjaga kebersihan dan kesehatan mata, jika mata gatal jangan dikucek untuk menghindari goresan pada retina dan perpindahan virus dari tangan ke mata. Jika mata terinfeksi oleh virus dan bakteri maka mata akan terserang penyakit. Penyakit yang paling banyak diderita oleh orang yaitu mata bintitan atau timbilan.



benjolan pada mata bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri



Apa Itu Mata Timbilan Atau Mata Bintitan ?.

       Mata bintitan atau timbilan biasa disebut dalam istilah medis dengan styes, merupakan infeksi bakteri yang disebabkan kolonalisasi bakteri pada mata. Infeksi ini menyebabkan munculnya bengkak atau benjolan yang berisi nanah di dalam kelopak mata maupun diluar kelopak mata. Benjolan tersebut tak jarang akan menimbulkan nyeri yang hebat. Meskipun benjolan tersebut akan terus membesar tidak disarankan bagi anda untuk memencetnya untuk mengeluarkan isinya atau dengan maksud lainnya, karena hal tersebut akan menimbulkan infeksi. Anda dapat memberikan obat untuk menyembuhkannya. Selain obat anda juga dapat memberikan bahan alami berikut.

Bahan Alami Yang Dapat Menyembuhkan Mata Bintitan Atau Timbilan

         Selain obat kimia anda dapat memberikan bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping seperti bahan alami berikut.

Chamomile

     Chamomile memiliki bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati mata bintitan atau timbilan. Cara menggunakan Chamomile sebagai obat mata bintitan atau timbilan yaitu dengan merebus bunganya kemudian air rebusannya dapat digunakan untuk mengompres mata yang bintitan atau timbilan.

Bawang Putih

      Anda dapat menggunakan bawang putih untuk mengobati mata bintitan atau timbilan karena bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang mampu membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan mata bintitan atau timbilan.

Kentang

     Kentang juga bermanfaat untuk mengobati mata yang bintitan atau timbilan. Caranya yaitu dengan memotong kentang dan kemudian mengoleskan getahnya ke mata yang bintitan atau timbilan. 

Thyme

      Thyme merupakan salah satu rempah-rempah yang mengandung banyak htymol. Htymol adalah antiseptik efektif yang dapat mengurangi bakteri penyebab mata bintitan atau timbilan.

Buah dan Sayur

       Buah dan sayur memang terkenal dengan seribu manfaat, salah satunya yaitu dapat mengobati mata bintitan atau timbilan. Hal ini dikarenakan buah dan sayur kaya akan vitamin, antioksidan dan nutrisi yang baik untuk menigkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan infeksi bakteri dan virus. Hal ini dapat menjadikan tubuh anda tahan menghadapi segala macam infeksi dan serangan penyakit.

Air Hangat

     Anda dapat mengompres mata dengan menggunakan air hangat, hal ini dapat mempercepat proses pematangan dari bintitan atau timbilan tersebut, dan lama kelamaan bejolan tersebut akan kempes dengan sendirinya.

Diatas merupaka beberapa cara alami untuk mengobati mata bintitan atau timbilan. Jika benjolan pada mata akibat bintitan atau timbilan tidak segera kempes maka segeralah hubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.
     

0 Response to "Cara Mengobati Mata Bintitan atau Timbilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel