Kenapa Kentut Bau? - MIF

Kenapa Kentut Bau?

Kenapa kentut bau, kenapa kentut berbau busuk, penyebab kentut baunya tidak enak, mungkin pertanyaan itu yang terbayang di pikiran anda. Kentut sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk membuang udara yang ikut tertelan, selain itu  kentut juga bisa disebabkan oleh bakteri dan reaksi kimia dalam perut.



Biasanya orang akan cenderung kentut saat mengalami masuk angin dan setelah mengkonsumsi makanan yang kaya akan gas seperti brokoli, kubis, asparagus, kacang-kacangan, susu, soda, fastfood, dan lain sebagainya.

Kentut memang membuat orang yang mengeluarkannya merasa lega setelah mengeluarkan kentut, tapi bagi orang sekitarnya kentut tersebut dapat menjadi sebuah bom atom atau bom bau yang dapat membuat mabuk, mual, dan lain sebagainya :D.



Baca Juga :

Penyebab Kentut Bau

Perlu anda ketahui bau kentut merupakan salah satu acuan kesehatan dan gaya hidup ataupun penyakit yang di derita si pemilik kentut. Lalu apa yang membuat kentut memiliki bau yang busuk, simak berikut ini.

Konsumsi Susu

Susu Penyebab bau kentut

Konsumsi susu berlebih dapat memicu kentut. Hal tersebut biasa disebut dengan intoleransi laktosa, yang mana dapat mengganggu proses pencernaan pada orang yang terkena intoleransi laktosa. udara yang ikut masuk kedalam sistem pencernaan akan menghasilkan gas-gas tertentu yang jika tercampur dengan susu akan menimbulkan bau yang sangat busuk.

Irritable Bowel Syndrome

Istilah ini jarang di dengar oleh khalayak ramai, karena penderitanya terbilang jarang dan istilah tersebut menggunakan ejaan yang sulit untuk orang Indonesia. Irritable Bowel Syndrome merupakan salah satu penyakit pencernaan yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar dan peradangan. Gejala yang dapat ditimbulkan sindrom tersebut yaitu bau kentut yang amat busuk.

Konsumsi Brokoli

Brokoli, Penyebab kentut bau

Brokoli merupakan sayuran yang banyak ditemukan dipasar dan biasa di campurkan pada sayur sop buatan rumahan. Konsumsi brokoli dapat membuat kentut anda menjadi bau, hal tersebut karena zat raffinose. Sistem pencernaan manusia tidak memiliki enzim yang dapat digunakan untuk memecah zat raffinose tersebut sehingga dapat mengakibatkan masalah pencernaan dan bau busuk pada kentut.

Konsumsi Protein Berlebihan 

Konsumsi sesuatu secara berlebihan merupakan sesuatu yang tidak baik dan dapat menimbulkan masalah pada pencernaan anda, salah satunya yaitu konsumsi protein berlebih. Jika anda pikir dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah berlebih maka tubuh anda akan ternutrisi maka jawabannya adalah salah. Protein yang masuk kedalam tubuh tidak sepenuhnya dapat dicerna oleh tubuh, sebagian pasti akan disisakan dan akan meninggalkan residu sehingga membuat kentut anda menjadi bau.


0 Response to "Kenapa Kentut Bau?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel