Apakah Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk ? - MIF

Apakah Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk ?

Apa sering minum air es bisa bikin gemuk ?, Banyak mitos beredar mengenai kegemukan dan mitos tersebut belum tentu benar dan terbukti. Banyak orang berkata kalau sering minum air es bisa menyebabkan kegemukan pada orang yang meminumnya, Atau minum air es bisa bikin perut jadi buncit.

Kebanyakan orang berpikir kalau air es yang masuk kedalam tubuh akan membuat lemak yang ada di perut dan bagian tubuh lainnya menjadi beku karena suhu dingin air es. Sehingga muncul presepsi kalau orang yang sering minum air es atau air dingin akan mudah gemuk dibandingkan orang yang tidak sering mengkonsumsi air es.



Tapi tahu kah anda bahwa mitos tersebut ternyata salah besar dan tidak dapat dibuktikan secara medis. Dalam analisis kedokteran air dingin yang masuk kedalam tubuh akan secara langsung disesuaikan dengan panasnya tubuh, sehingga jika ada yang beranggapan air dingin yang masuk kedalam tubuh dapat membekukan lemak maka bisa dipastikan hal tersebut salah.

Jadi anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi air dingin dapat membuat gemuk, kecuali jika air tersebut mengandung gula tinggi atau bersoda. Lalu apa saja yang dapat menyebabkan kegemukan?
simak berikut.

Penyebab Kegemukan

Stres

Ketika anda mengalami stres maka tubuh anda akan menjadi tegang dan memproduksi hormon  bernama kortisol. Hormon tersebut merupakan salah satu penyebab meningkatnya nafsu makan sehingga anda akan sering mengkonsumsi makanan apapununtuk membuat diri anda menjadi tenang.

Konsumsi Obat-obatan 

Konsumsi obat dapat membuat berat badan naik, Apa saja obat tersebut ?. Berikut merupakan obat obatan yang dapat menaikan berat badan jika anda mengkonsumsinya.
  • Antidepresan, Merupakan obat yang diperuntukan untuk menangani depresi. Obat ini bersifat menenangkan .
  • Steroid, Meningkatnya nafsu makan merupakan efek samping dari obat-obatan anti-inflamasi non-steroid (OAINS) salah satunya yaitu prednisolon. Perubahan pada bagian tubuh tertentu yang mengandung lemak atau menyimpan lemak seperti wajah dan perut juga merupakan efek dari obat ini

Kurang Tidur

Jika anda kekurangan jam tidur atau tidak tidur dengan cukup maka dapat menyebabkan naiknya berat badan. Alasannya yaitu saat anda kurang tidur maka akan terjadi peningkatan kadar hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, selain itu kurang tidur akan membuat anda tidak selektif dalam memilih makanan, anda akan cenderung memilih makanan sampah daripada makanan sehat.

Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga seakan-akan semua dapat tersedia didepan mata hanya dengan sekali klik. Hal tersebut membuat orang malas dan kebanyakan duduk didepan monitor atau menggunakan handphone dalam waktu yang lama tanpa di imbangi dengan aktivitas lain. Hal tersebut membuat kalori yang dibakar akan sedikit karena tidak ada pergerakan yang memacu detak jantung.

0 Response to "Apakah Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel