Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan - MIF

Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan


Anak kecil yang tidak doyan makan atau anak yang tidak nafsu makan merupakan suatu masalah klasik bagi sebagian orang tua, hal tersebut karena anak yang tidak doyan makan atau tidak nafsu makan maka nutrisi yang masuk kedalam tubuh akan sedikit jika tidak dibarengi dengan konsumsi suplemen nutrisi. Mengingat masa kecil merupakan masa emas dalam tumbuh kembang si anak tersebut, maka anak harus diberi asupan makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi agar anak tersebut tidak mengalami gizi buruk atau kurang gizi. Sehingga pertumbuhannya akan terjaga dan tetap sehat.



Lantas saat anak tidak doyan makan atau tidak bernafsu makan apakah yang menjadi peyebabnya ?. Berikut merupakan faktor yang mempengaruhi nafsu makan yang menurun pada anak.
Anemia
Anemia atau kurang darah juga dapat terjadi pada anak kecil, dan hal tersebut dapat mempengaruhi nafsu makan si kecil. Biasanya anak-anak penderita anemia akan merasakan lemah, letih, dan tidak doyan makan.

Cacing usus
Cacinga biasa terjadi pada anak-anak, karena keingintahuannya terhadap lingkungan sekitar membuat telur cacing ikut termakan, baik itu karena si kecil tidak mencuci tangannya sebelum makan atau hal lain. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa si buah hati mengalami cacingan hingga gejalanya memburuk. Telur cacing yang masuk dan menetas di dalam pencernaan akan mengakibatkan berbagai masalah pencernaan seperti pendarahan usus, pembengkakan, disentri, dan hilangnya nafsu makan anak.


Depresi
Berhati-hatilah dalam membesarkan buah hati, jangan terlalu memberi tekanan karena si buah hati juga bisa merasakan depresi. Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami stres hingga berujung depresi. Anak-anak pun bisa juga mengalaminya dan mengakibatkan nafsu makan jadi turun.

Konsumsi obat-obatan
Konsumsi obat-obatan biasanya dapat membuat hilangnya nafsu makan anak. Contohnya adalah antibiotik. Tapi ketika konsumsi obat-obatan telah berhenti dan nafsu makan anak masih belum kembali juga, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

0 Response to "Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel