Hidung Ingusan saat Dingin | Kenapa hidung tersumbat di satu sisi - MIF

Hidung Ingusan saat Dingin | Kenapa hidung tersumbat di satu sisi

cara mengatasi pilek dan hidung tersumbat - Flu biasanya datang disaat musim pancaroba atau saat tubuhmu kurang fit, namun saat tubuh terkena hawa dingin hidung biasanya juga mengeluarkan ingus. Banyak diantara kita yang pernah merasakan hal tersebut, disaat suhu udara lebih dingin maka hidung akan mengeluarkan ingus. Bagaimana penjelasannya ?


Hidung tersumbat dan ingusan

Hidung mengeluarkan ingusan saat dingin


Menurut dr David King dari Universitas Queensland, penjelasan ilmiah mengenai fenomena tersebut sebenarnya ada. Hidung manusia disebut memang memiliki mekanisme untuk mengatur suhu udara yang masuk ke paru-paru, sehingga suhu dan kelembapan udara yang masuk akan tetap sama dan stabil. Udara yang masuk kedalam paru-paru saat melewati bagian belakang hidung suhunya akan berkisar 26 hingga 30 derajat celcius dengan kelembapan 100 persen meskipun cuaca kering ataupun hujan. Jadi mekanisme tersebut membuat cuaca tidak terlalu terpengaruh pada suhu udara yang masuk ke paru-paru.

Mekanisme tersebutlah yang membuat ingus keluar dari hidung saat dingin daripada biasanya. Saat udara lebih dingin masuk, maka saraf - saraf dihidung akan terstimulasi mengirim sinyal ke otak untuk melebarkan pembuluh darah dengan begitu saluran udara menjadi sempit namun udara yang masuk akan lebih hangat.

Lalu jika udara dingin yang masuk cenderung kering maka akan memicu hidung untuk memproduksi lendir hidung atau ingus lebih banyak, hal itu bertujuan supaya udara tetap lembap masuk keparu-paru. Udara kering yang masuk akan memicu sel sistem imun dihidung mu. Sel-sel tersebutlah yang membuat hidung lebih banyak memproduksi lendir agar udara tetap lembab. Bahkan kamu dapat kehilangan 300 hingga 400 mililiter cairan hidung saat menjalankan mekanisme tersebut.

Mekanisme tersebut akan cenderung terjadi pada orang-orang dengan sistem imun yang lebih aktif, sehingga akan lebih sering mengalami ingusan atau mbeler.

untuk mengatasinya kamu cukup menyiapkan tisu atau sapu tangan untuk mengelap ingus yang keluar dari hidung. Atau kamu juga dapat menggunakan anticholinergic atau semprotan anti radang untuk hidung seperti ipratropium dan atropine.

Biasanya kamu juga akan mengalami hidung tersumbat, namun hanya satu sisi. Bagaimana penjelasannya, simak berikut ini.

Hidung tersumbat Sebelah saja

Pilek memang kerap menyerang kamu. Bahkan dalam setahun bisa terjadi hingga berkali - kali. Namun jika kamu rasakan pasti kamu pernah mengalami pilek dan hidung tersumbat namun hanya di satu sisi lubang hidung saja.

Menurut Dr Karl Kruszelnicki dari broadcaster ABC australia dan juga merupakan seorang ahli sains. Hidung tersumbat sebelah atau hanya di satu sisi itu merupakan suatu fenomena yang disebut siklus hidung. Didalam hidung terdapat jaringan yang dapat mengalami ereksi sama halnya yang dirasakan penis. Jaringan tersebut berguna mengatur beban aliran udara tiap lubang hidung. 

Jaringan tersebut mempunyai siklus dimana satu sisi akan membesar sedangkan satu sisi tidak. Pada saat tersebut maka udara yang masuk tidak akan seimbang satu dengan lainnya. di satu sisi udara yang masuk akan lebih banyak, disisi lain udara yang masuk akan lebih sedikit karena tersumbat oleh jaringan yang membesar tersebut.

Ilmuan berpendapat bahwa fenomena tersebut merupakan cara hidung untuk membagi tugasnya antara mengalirkan udara dan mendeteksi bau-bauan. mungkin hidung akan lebih dapat mencium bau-bauan lewat hidung yang tersumbat karena aliran udara akan masuk secara perlahan akibat tersumbat oleh jaringan yang membesar.

Siklus tersebut dapat berbeda saat terjadi di tiap - tiap orang. Biasanya dengan rentan waktu 22 hingga 90 menit.

0 Response to "Hidung Ingusan saat Dingin | Kenapa hidung tersumbat di satu sisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel