Penyebab Gigi Sensitif dan Cara mengatasinya - MIF

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara mengatasinya

gigi ngilu - Saat gigi sensitif menyerang, itu merupakan masalah serius bagi kamu yang suka makan apalagi sampai menimbulkan sakit kepala. Karena gigi yang merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan agar halus sehingga apapun yang terjadi pada gigimu maka akan mempengaruhi tubuhmu. Selain itu, apapun yang kamu makan pasti akan mengenai gigimu, baik itu dingin atau panas dan pastinya akan membuat gigimu terasa ngilu dan sakit. Selain karena saraf gigi lalu apa saja yang menjadi penyebab gigi sensitif ?. Simak berikut ini.



Penyebab gigi sensitif

Gigi ngilu karena Stres

Tekanan psikologis yang ditimbulkan oleh stres akan membuat kesehatan mulutmu terganggu, termasuk pada gigi dan membuatnya menjadi lebih sensitif.

Gigi ngilu karena Cuaca dingin

Cuaca dingin juga harus diwaspadai oleh sebagian orang yang mengalami gigi sensitif, karena nyeri atau ngilu akan mudah datang ketika kamu berada di udara yang dingin.

Gigi ngilu karena Sinus

Gigi sensitif dapat dialami oleh orang yang mengalami sinus. Hal tersebut terjadi karena sinus terletak dekat dengan dasar gigi sehingga ketika sinus kambuh, maka akan membuat gigi jadi sensitif, sakit kepala, hingga nyeri rahang.

Gigi ngilu saat Menstruasi

Bagi wanita menstruasi akan terjadi setidaknya sebulan sekali. Menstruasi juga bisa mengubah gigi wanita jadi sensitif. Hal tersebut disebabkan oleh adanya fluktuasi hormon yang terjadi saat mengalami menstruasi.

Bruxism

Bruxism merupakan keadaan dimana gigi yang suka bergerak bertabrakan ketika kamu tidur. Hal ini akan mengikis email gigi dan membuat gigi jadi sensitif.

Gigi ngilu saat Asam lambung naik

Bagi pengidap maag dan masalah lambung mungkin akan mengalami gigi sensitif, hal tersebut disebabkan oleh asam lambung yang naik dan mampu menghilangkan pelindung alami gigi dikarenakan adanya kandungan pepsin proteolitik di dalam asam. Hasilnya, gigi pun menjadi sensitif.

Cara mengatasi gigi sensitif


Pastinya saat kamu mengalami gigi sensitif pasti kamu akan merasa terganggu bahkan hingga jengkel karena kamu tidak bisa bebas mencicipi sembarang makanan. Tentunya sangat mengganggu sekali, apalagi rasa ngilu dan nyeri  yang timbul akan terasa hingga hitungan menit atau bahkan jam.
Gigi sensitif dapat terjadi pada rentan usia berapa pun, baik itu anak-anak dewasa maupun lansia. Ketika Lapisan tengah  gigi yang disebut dentin yang lembut terpapar oleh makanan, maka akan terasa ngilu. Hal tersebut disebabkan lapisan enamel gigi menipis.
Lalu bagaimana cara mengatasi gigi sensitif dengan mudah ?
Untuk mengatasi masalah gigi ngilu kamu dapat melakukannya dengan mudah. Cara ini dapat mengurangi tingkat sensitivitas gigi kamu, untuk lebih lanjut simak berikut ini.

Menyikat gigi dengan benar

menyikat gigi dengan benar

Menyikat gigi merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sisa makanan yang terselip atau tertinggal akan hilang jika kamu rajin menyikat gigi, namun tidak semua orang tahu bagaimana menyikat gigi dengan teknik yang benar. Teknik menyikat gigi yang benar adalah dengan menyikat dengan lembut dan hati-hati di sekitar garis gusi, sehingga tidak merusak jaringan pada gusi. Jika kamu menyikat dengan keras maka dapat membuat laipsan enamel gigi menjadi terkikis dan akhirnya tipis. Sehingga menimbulkan gigi ngilu saat terkena makanan yang dingin atau asam.

Hindari makanan dan minuman yang asam

hindari makanan asam

Makanan dan minuman yang bersifat asam dapat mengkikis lapisan enamel gigi kamu. Sehingga sebaiknya kamu membatasi konsumsi makanan dan minuman tersebut. Tapi jika kamu mengkonsumsi makanan atau minuman asam, maka sikatlah gigimu 20 menit setelah mengkonsumsinya. Karena jika kamu menyikat gigimu kurang dari 20 menit setelah konsumsi makanan dan minuman tersebut maka akan merusak lapisan enamel gigi.

Gunakan  pasta gigi khusus gigi sensitif

contoh produk pasta gigi khusus

Telah banyak beredar dipasaran produk-produk pasta gigi khusus gigi sensitif yang dapat kamu beli. Perbedaan antara pasta gigi biasa dengan pasta gigi khusus yaitu pada pasta gigi khusus mengandung fluoride dan beberapa bahan aktif seperti potasium nitrat yang dapat membantu menghalangi tubulus kecil di dentin yang sensitif. Jika kamu menggunakan pasta gigi khusus ini secara teratur maka gigi ngilumu akan reda, dan biasanya kamu dapat bebas mengkonsumsi makanan dingin maupun asam.

Rajin periksakan ke dokter

Cara paling efektif untuk mengatasi gigi sensitif yaitu dengan menanyakan kepada dokter gigi, nanti kamu akan diberi solusi terbaik dalam menghadapi masalah gigi sensitifmu. Setidaknya berkunjunglah 6 bulan sekali kedokter gigi jika kamu merasa kurang nyaman dengan gigimu, itupun tergantung dengan situasi dan kondisi. Jika mengkhawatirkan maka segeralah menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.


0 Response to "Penyebab Gigi Sensitif dan Cara mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel