Stres Memicu Berbagai Penyakit Berat! - MIF

Stres Memicu Berbagai Penyakit Berat!

Stres dapat mempengaruhi kesehatan anda. Jika stres sudah memasuki fase berat maka bukan tidak mungkin anda akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Tanda-tanda stres dapat anda lihat dan rasakan secara langsung, baik yang berat maupun ringan. Stres merupakan gangguan emosional, mental dan ketegangan karena disebabkan oleh berbagai faktor.

Stres


Faktor luar yang dapat memicu stres antara lain seperti masalah keluarga, pertengkaran, percintaan, dan lain sebagainya. Anda dapat mengurangi stres dengan cara refreshing otak sejenak degan cara berlibur dan bercanda dengan teman atau keluarga.

Tanda-tanda Mengalami Stres Berat

Susah untuk Berkonsentrasi

Jika anda adalah seorang workaholic atau penggila pekerjaan maka anda akan mudah untuk mengalami stres. Workaholic adalah pecandu pekerjaan, seorang workaholic akan selalu memikirkan pekerjaannya. Hal tersebut dapat menjadi pisau bermata dua, disisi lain menguntungkan karena anda tidak akan mudah goyah dalam masalah pekerjaan tetapi disisi lain lagi hal tersebut malah justru mudah menimbulkan stres. Anda justru akan sulit berkonsentrasi saat mengalami stres dan akibatnya pekerjaan anda akan amburadul. Maka dari itu segeralah untuk merefresh otak sejenak dari kepenatan bekerja.

Sakit Kepala Yang Tak Kunjung Sembuh

Kepala anda terasa sakit yang sangat, pelipis rasanya seperti berdenyut-denyut atau kepala anda seperti dipukul dengan benda tumpul?, itu merupakan salah satu tanda anda mengalami stres berat. Tetapi jika sakit kepala anda tersebut sampai bisa membangunkan tidur malam anda berarti anda mengalami masalah yang lebih serius, segera periksa kan kepada dokter atau puskesmas.

Rambut Rontok

Saat menyisir rambut anda mendapati banyak sekali rambut rontok yang menempel disisir atau saat bangun tidur pada bantal anda terdapat banyak sekali rambut rontok?, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda-tanda mengalami stres. Rambut rontok yang terjadi saat mengalami stres merupakan salah satu dampak dari alopecia areata, penyakit tersebut adalah penyakit kulit autoimun, penyakit tersebut menyerang folikel rambut dan menyebabkan rambut gamang rontok. Penyakit tersebut sangat berkaitan dengan stres berat yang dialami oleh penderitanya.

Terserang Berbagai Penyakit

Saat stres menyerang anda akan sering mengalami berbagai sakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Apa saja penyakit yang dapat menjangkit anda ketika mengalami stres? simak berikut.

  • Menurunkan Libido, menurut penelitian diungkap bahwa hormon stres, cortisol, dapat membuat libido atau hasrat seksual pada wanita menurun. Agar penurunan libido ini tidak berlanjut anda dapat melakukan olah raga untuk meningkatkan aliran darah pada organ intim. Atau anda juga dapat mengatasi stres yang melanda anda.
  • Rusaknya Kulit, Saat mengalami stres tubuh akan bereaksi dengan melepaskan hormon seperti cortisol yang dapat meningkatkan produksi minyak tubuh. Hal tersebut dapat memicu masalah kulit yaitu eczema. Saat stres anda sebaiknya memperhatikan penggunaan kosmetik karena kulit anda akan semakin sensitif pada saat stres.
  • Pikun, Jika stres terus berlanjut maka anda dapat sulit berkonsemtrasi dan mudah pikun. Hal tersebut disebabkan oleh hormon stres yaitu coristol yang menurunkan kinerjanya otak pre-frontal cortex yang berkaitan dengan penyimpanan ingatan jangka panjang dan pendek.
  • Nyeri Otot, Stres dapat membuat otot anda bermasalah, Stres akan meningkatkan tekanan otot dan dapat memicu nyeri pada otot tubuh anda. Lama kelamaan anda akan merasakan sakit pada bagian tubuh anda seperti, leher, punggung, rahang, dan pundak.

Cara Mengatasi Stres

Mandi air hangat

dengan mandi air hangat maka tubuh anda akan ter relaksasi, dan melemaskan otot tubuh anda, sehingga pikiran akan lebih fresh.

Berlibur

Berlibur sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk merefresh otak anda, sehingga terhindar dari stres yang akan melanda karena kepenatan pekerjaan dan masalah.

Meditasi

Meditasi dapat membantu anda menenangkan pikiran anda sehingga pikiran anda akan lebih jernih.



0 Response to "Stres Memicu Berbagai Penyakit Berat!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel