Cara Mengobati Demam Pada Anak - MIF

Cara Mengobati Demam Pada Anak

My InforShare- Pada masa kini anak-anak menjadi mudah terserang penyakit, dan kadang-kadang akan berakhir dengan demam.  Tentunya sebagai orang tua anda akan merasa khawatir dengan keadaan anak anda. Demam adalah mekanisme tubuh saat memerangi infeksi, jadi jangan terlalu dikhawatirkan.

Penanganan yang tepat Demam pada anak


    Dengan penganan yang tepat maka demam dapat di atasi dengan cepat. Secara umum demam adalah reaksi tubuh dalam melawan infeksi virus dan penyakit. Sebagai orang tua yang cerdas anda dapat memberi penanganan yang tepat dalam mengatasi demam pada anak.

Penanganan Yang Tepat Untuk Mengatasi Demam pada Anak

    Yang pertama dilakukan adalah mengistirahatkan tubuh anak. Sebenarnya yang paling dibutuhkan bagi orang yang terkena demam yaitu istirahat, dengan istirahat maka tubuh akan lebih maksimal dalam memperangi infeksi virus.

    Kemudian anda jangan terburu buru memberikan anak antibiotik, antibiotik sangat tidak dibutuhkan oleh anak yang sedang demam. Antibiotik diberikan pada anak yang terkena demam apabila terdeteksi adanya campur tangan bakteri dalam demam tersebut. Anda hanya perlu memberi anak parasetamol.

    Selain memberi anak parasetamol, anda juga dianjurkan untuk memberi anak minuman elektrolit atau larutan elektrolit. Anda dapat membuat larutan  elektrolit dari campuran gula dan garam, jus, buah-buahan, atau air putih. Larutan elektrolit sangat baik bagi anak yang sedang demam untuk mecegah dehidrasi. Dehidrasi pada anak yang sedang demam terjadi karena pada fase demam anak juga mengalami muntah atau diare sehingga banyak cairan yang dikeluarkan tubuh. Jika tubuh terus mengeluarkan cairan dan kurang asupan cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Larutan elektrolit mampu menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan. Tetapi yang perlu diingat agar anda tidak meberikan cairan atau air putih dan sejenisnya setelah anak muntah, tunggulah beberapa menit untuk memberikan cairan kepada anak

    Berikan anak makanan-makanan yang segar dan bersih dari bahan kimia dan pestisida, dan dianjurkan untuk memberi anak buah-buahan atau jus olahan sendiri. Makanan dan minuman yang diolah sendiri akan lebih bagus dan baik bagi tubuh karena kita tahu kandungan dan bahan yang terdapat pada makanan dan minuman olahan sendiri.

    Selama anak terserang demam pastikan bahwa tangan selalu bersih, hal ini dapat membantu menurunkan resiko infeksi. Anda dapat membersihkan tangan menggunakan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah makan.

    Jika suhu tubuh anak naik, kompres dahi anak menggunakan spons mandi atau kain.
dan jika suhu tubuh anak tidak lekas turun dan demam anak semakin parah dengan munculnya penyakit-penyakit lain segeralah menghubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.


0 Response to "Cara Mengobati Demam Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel