Cara Mencegah Terserang Anemia - MIF

Cara Mencegah Terserang Anemia

My InforShare-  Tanda anda menglami anemia yaitu tubuh akan terasa lemas dan sulit untuk berkonsentrasi. Anemia terjadi saat tubuh kekurangan vitamin B-12 dan zat besi. Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut pada makanan.

Tips Mencegah Anemia


      Anemia merupakan keadaan dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin berjumlah dibawah rata-rata atau kurang normal. Sel darah merah berfungsi membawa oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika anda kekurangan oksigen maka anda akan merasa lemas, hal ini merupakan salah satu dampak yang anda dapat rasakan secara langsung saat anda terkena anemia.

     Anemia biasa menyerang ibu hamil yang tidak menjaga asupan nutrisinya, hal tersebut dikarenakan nutrisi yang masuk pada tubuh ibu hamil akan dibagi dengan bayi yang dikandung, jika jumlah nutrisinya tidak mencukupi maka ibu hamil tersebut akan terkena anemia dan akan merasa lemas dan gampang capek.

     Pada laki-laki anemia bisa dikatakan menyerang disaat kadar HB atau hemoglobin kurang dari 13,5 g/dL  atau hematokrit atau Hct kurang dari 41 persen. Jika pada perempuan, bisa dikatakan terkena anemia saat kadar HB kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36 persen.

      Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena anemia salah satunya yaitu sebagai berikut

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Zat Besi

       Seperti yang sudah dituliskan diatas, Anemia terjadi saat tubuh kekurangan zat besi. Oleh karena itu anda harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi guna menghindari terkena anemia. Makanan yang mengandung zat besi yaitu ikan, tahu, kacang-kacangan, daging merah, sayuran hijau, dan tiram. Zat besi juga banyak terkandung pada makanan lain seperti kismis. 

      Konsumsi zat besi yang banyak akan percuma jika tidak dibarengi dengan konsumsi makanan yang membantu menyerap zat besi. Makanan tersebut biasanya mengandung nutrisi seperti vitamin C. vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Anda juga dapat mengkonsumsi aneka jus buah seperti stroberi, jeruk atau Jus sayuran yang dikombinasikan dengan buah.

      Yang harus anda perhatikan saat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yaitu hindari minum teh atau kopi ketika makan. Hal tersebut dikarenakan kopi dan teh dapat menghambat tubuh untuk menyerap zat besi yang masuk.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12

     Selain konsumsi zat besi anda juga harus mendapat asupan vitamin B12, hal tersebut dikarenakan zat besi dan vitamin B12 bekerja bersama guna mencegah terkena anemia. Vitamin B12 bisa anda temui pada hati sapi, tiram, telur, unggas, susu, dan ikan. Selain itu anda juga dapat menemukan vitamin B12 pada beberapa produk sereal.

0 Response to "Cara Mencegah Terserang Anemia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel