Cara Mengatasi Rambut BerUban Yang Muncul Di Usia Muda - MIF

Cara Mengatasi Rambut BerUban Yang Muncul Di Usia Muda

Cara Mengatasi Rambut BerUban Yang Muncul di Usia Produktif

My InforShare- Rambut berwarna putih atau biasa disebut dengan Beruban merupakan fenomena yang banyak dan wajar terjadi pada orang usia lanjut. Tetapi kini rambut beruban sering ditemui pada anak muda atau masih usia dibawah 30 tahun. Uban biasanya muncul pada bulu atau rambut yang berada di kepala, seperti alis, dan janggut. Tetapi juga banyak ditemukan kasus uban yang muncul pada bulu di badan.

Apa Uban Itu ?

Cara mencegah Uban muncul diusia muda

        Uban merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut normal orang indonesia berwarna gelap karena memiliki kadar melanin yang tinggi. Pada saat rambut berubah menjadi putih atau abu-abu terjadi proses perubahan kadar melanin. Melanin tidak lagi diproduksi pada rambut yang berwarna putih atau uban.

        Sangat tidak wajar jika uban muncul diusia muda, atau usia produktif, Hal tersebut dikarenakan usia muda merupakan usia yang memungkinkan tubuh melakukan tugasnya dengan maksimal termasuk dalam produktifitas melanin. Pada umumnya produktifitas melanin pada usia muda masih berjalan normal, baru pada usia mendekati kepala 5 produktifitas melanin akan mengalami penurunan. Hal tersebut mungkin disebabkan faktor usia.

          Selain faktor usia, penyebab munculnya uban sangat beragam, mulai faktor keturunan dari orang tua, individu dalam kondisi stres dalam waktu yang lama, hingga adanya penyakit serius yang diderita seperti typhoid. Gaya hidup tidak sehat juga merupakan salah satu penyebab munculnya uban di umur yang masih muda. Gaya hidup tidak sehat tersebut termasuk konsumsi alkohol, teh dan kopi dalam jumlah banyak serta konsumsi makanan yang mengandung kadar asam tinggi. Selain itu kurangnya nutrisi seperti vitamin C dan vitamin B juga dapat menurunkan produktifitas melanin.

     Uban yang muncul pada usia muda membuat individunya merasa kurang percaya diri dan kadang kala jalan keluarnya yaitu menyemir rambut. Menurut agama islam rambut uban tidak boleh diwarnai atau disemir, selain itu penyemiran atau pewarnaan rambut juga dapat menyebabkan rusaknya rambut. Tentunya mewarnai atau menyemir rambut sangat ber-resiko bagi kesehatan rambut itu sendiri.

Cara Mengatasi Uban Yang Timbul Di Usia Muda

        Untuk mencegah timbulnya uban pada usia muda, yang dapat anda lakukan yaitu melakukan perubahan gaya hidup mulai dari yang kecil hingga yang sangat berpengaruh seperti :

Berhenti Merokok

    Bagi anda yang merokok, mungkin aktivitas satu ini merupakan akar masalah timbulnya uban.
 Merokok merupakan kegiatan atau kebiasaan yang banyak dilakukan kalangan muda sekarang, hal tersebut mungkin terjadi karena arus globalisasi yang semakin pesat. Rokok dapat menimbulkan beragam penyakit, seperti yang tertulis pada kotaknya, rokok dapat meyebabkan kanker, dan gangguan pada ibu hamil. Selain itu rokok juga dapat menyebabkan penuaan dini. Penuaan dini yang terjadi di barengi dengan munculnya uban.

Hindari Konsumsi Junk Food

       Seperti namanya, junk food merupakan makanan sampah dan sangat tidak baik dan tidak berguna bila dikonsumsi. Rata-rata orang yang mengkonsumsi junk food dalam waktu lama, akan mengalami penuaan dini dan munculnya komplikasi-komplikasi penyakit lain seperti kolesterol, diabetes, dan lain sebagainya.

Jaga Pola Makan dan Gaya Hidup

          Salah satu faktor penyebab munculnya uban yaitu kurangnya nutrisi. Oleh karena itu asupan nutrisi yang cukup dapat menjadi jalan keluar agar uban tidak kembali muncul. Nutrisi  lengkap dan teratur yang diterima oleh tubuh terutama konsumsi mineral dan vitamin A bersama dengan zat besi mampu menjaga asupan nutrisi tubuh guna menghindari munculnya uban.

         Selain itu perbanyaklah latihan fisik atau olahraga sehari-hari dan meditasi. Latihan fisik dan olah raga berguna untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat sehingga produktifitas melanin terjaga. Untuk meditasi berfungsi menghindarkan anda dari stres, selain meditasi anda juga dapat merefresh otak dengan cara berlibur atau meluangkan waktu sejenak untuk menikmati pemandangan alam atau hanya berjalan santai.

Konsumsi Suplemen

     Suplemen berguna menjaga asupan nutrisi yang didapat selain dari makanan sehari-hari. Konsumsi suplemen yang mengandung kedelapan vitamin B, hal tersebut berguna untuk mencegah timbulnya uban pada usia dini. Untuk suplemen anda bisa mendapatkanya di apotek terdekat.


0 Response to "Cara Mengatasi Rambut BerUban Yang Muncul Di Usia Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel