Dampak dan Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang perlu kamu ketahui - MIF

Dampak dan Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang perlu kamu ketahui

Dampak dan manfaat donor darah – Tranfusi darah dengan memberikan sediki darah dalam tubuh kita untuk membantu orang lain merupakan suatu kebaikan yang tidak ternilai. Bayangkan diluar sana ada orang-orang yang membutuhkan donor darah agar tetap hidup. Jadi intinya manfaat donor darah itu sangat banyak dan juga memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan seseorang.
donor darah


Namun untuk dapat memberikan donor darah kepada orang yang membutuhkan, pertama-tama kamu harus diperiksa terlebih dahulu kemudian diuji keamanan serta kelayakannya, jadi tidak sembarangan darah dapat untuk di donorkan. Kemudian setelah serangkaian tes tersebut dan kecocokan darah pendonor dan yang membutuhkan donor maka transfusi dara dapat dilakukan.

Kamu juga dapat membantu pasien yang membutuhkan donor darah secara tidak langsung melalui PMI (palang merah Indonesia). PMI dengan slogan Setetes darah anda nyawa bagi sesama, merupakan organisasi perhimpunan nasional Indonesia yang bergerak dibidang sosial kemanusiaan.

Jadi kamu dapat mendonorkan darah mu ke PMI lalu akan disimpan oleh PMI. Kamu tahu menyimpan darah itu nggak semudah seperti menyimpan barang lho. Harus ada alat-alat canggih agar kualitas darah tetap terjaga. Sehingga saat kamu ingin mendapatkan sekantong darah dari PMI maka kamu harus membayarnya, hitung-hitung sebagai ongkos penyimpanan.

Yang perlu kamu ketahui bahwa donor darah memiliki dampak baik bagi kesehatanmu, apa saja, simak berikut ini.

Manfaat Donor Darah bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan

donor darah

Menyehatkan Jantung dan Melancarkan aliran darah

Manfaat donor darah yang pertama yaitu dapat membuat aliran darah kamu semakin lancar sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Menurut studi penelitian yang dilakukan para ahli bawha rajin donor darah mampu menurunkan resiko serangan jantung, bahkan pada suatu percobaan ditunjukkan bahwa orang yang rajin mendonorkan darahnya tingkat resiko serangan jantung nya menurun hingga 88 persen. Bahkan rajin donor darah juga membuat kamu jarang sakit dan terhindar dari stroke, serangan jantung, dan penyakit lainnya. Itu semua terjadi karena pada saat kamu rutin donor darah maka kadar zat besi dalam darah akan menjadi stabil, kadar zat besi tersebut jika tinggi maka akan menjadikan rentan terkena penyakit jantung.

Meningkatkan kadar HB atau sel darah merah

Saat melakukan donor darah , darahmu pasti akan berkurang. Tapi jangan takut kehabisan darah, malah donor darah dapat membuat kadar sel darah merah meningkatKadar. Sel darah merah juga dapat kamu tingkatkan dengan rajin melakukan donor darah. Saat kamu rajin melakukan donor darah, sel darah merah akan berkurang, dengan begitu sumsum tulang belakang akan terstimulan untuk memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan begitu tubuh akan terbiasa untuk selalu memproduksi sel darah merah baru yang segar. Selain itu juga dapat membuat kadar kolesterol menjadi turun.

Menyelamatkan nyawa orang

Kamu tahu, diluar sana banyak orang yang sangat membutuhkan darah untuk tetap hidup. Orang-orang tersebut menaruh harapan besar pada sekantong darahmu. Kamu dapat membantu orang yang sedang mengalami musibah seperti kecelakaan, kelainan darah, bahkan seorang bayi yang baru lahir. Untuk itu mulailah mendonorkan darahmu, siapa tahu diluar sana ada yang sangat membutuhkan sekantong darah.

Membakar kalori

Saat kamu melakukan donor darah secara teratur maka tubuhmu akan membakar kalori dalam tubuh. Mungkin kamu tidak percaya tapi kenyataannya adalah setiap 450ml atau sekantong darah yang kamu donorkan maka sekitar 650 kalori akan ikut hilang. Bisa dibilang donor darah merupakan cara instan menghilangkan kalori.

 Menurunkan risiko kanker

Seperti yang telah dijelaskan diawal, saat kamu rajin medonorkan darah maka kamu dapat membuat resiko terkena kanker menurun. Resiko kanker akan menurun seiring kamu rajin mendonorkan darahmu. Kanker ini termasuk, kanker hati, usus besar, perut, paru-paru, dan kanker tenggorokan.



0 Response to "Dampak dan Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang perlu kamu ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel